Selasa, 08 November 2011

REFRENSI MO0DEL DOD

Dod berdasarkan konsep TCP/IP adalah jenis protokol yang
pertama digunakan dalam hubungan Internet. Dalam perkembangan,
protokol TCP/IP digunakan sebagai standar de facto, yaitu standar
yang diterima karena pemakaiannya yang luas.

Layer Referensi Model DoD



Referensi Model DoD 

Model OSI

Layanan/Protokol

Proses/Application
Application
Presentation
Session
Telnet, FTP, SMTP, Karberos, DNS, TFTP,
SNMP, NFS, X Windows
Host to host
Transport
UDP, TCP
Internet
Network
IP, ARP, RARP, ICMP, BootP
Network Access
Data link
Physical
Ethernet, Token ring, FDDI







 
Sedikit penjelasan : 

1. Telnet
Telnet (Telecommunication Network) berguna untuk melakukan remote komputer lain menggunakan port 23. Port dipergunakan oleh lapisan atas untuk akses ke lapisan transport, yaitu setiap layanan mempunyai port masing-masing.
Gabungan antara port dan Ip Address disebut sebagai Socket yang berguna agar aplikasi ganda dapat menggunakan TCP/IP yang sama.
 2. FTP
FTP (file transfer protocol) berfungsi memindahkan file dari suatu komputer kekomputer yang lain. Diman menggunakan sistem server-client. Jika mengambil file dari server disbut get, kalo mengirim ke server disebut put. FTP membutuhkan autentifikasi untuk dapat login yaitu berupa user dan password. FTP menggunakan port 21.
 3. SMTP
SMTP (simple mail transfer protocol) berfungsi untuk pengaturan dan pengiriman email. SMTP menggunakan port 25. cara kerjanya sama dengan FTP yaitu menggunakan protocol TCP.
 4. TFTP
TFTP (trivial file transfer protocol) adalah FTP dengan menggunakan port yang disederhakan dan menggunakan port 69. TFTP bekerja dengan protocol UDP yang connectionless oriented yang tidak mengontrol hasil perpindahan file. TFTP tidak membutuhkan user dan password.
 5. Karberos
Karberos adalah protocol untuk keamanan (security) yang menggunakan peralatan yang disebut authentication server untuk memeriksa password dan enkripsi yang digunakan. Karberos banyak digunakan pada sistem operasi UNIX.
 6. DNS
DNS (domain name server) berguna untuk menterjemahkan dari ip menjadi domain dan dari domain menjadi ip. Kita membutuhkan DNS, karena kita lebih mudah mengingat nama (domain) daripada kita mengingat IP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar