Selasa, 18 Oktober 2011

PENGERTIAN JARINGAN PADA KOMPUTER

Jaringan adalah sekumpulan atau sekelompok komputer yang saling terhubung untuk bertukar data,informasi dan file atau dokumen.



Jenis-jenis jaringan:

A. LAN (Local Area Network)
     LAN adalah sebuah jaringan pribadi yang berada dalam sebuah ruangan atau kampus yag memiliki jangkauan beberapa kilo meter.LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya printer) dan saling bertukar informasi.

B. MAN (Metropolitan Area Network)
    MAN adalah versi dari LAN namun memiliki jangkauan yang lebih luas.MAN digunakan untuk saling brhungan antara satu gedung atau sebuah kota.MAN dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.

C. WAN (Wide Area Network)
    WAN memiliki jangkauan yang mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.


D. Internet 
    Internet adalah sebuah jaringan yang saling terkoneksi dan saling terhubung yang memungkinka utuk saling brtukar data.

E.Jaringan Tanpa Kabel (Wirreless)
   Jaringan tanpa kabel yang digunakan sebagai solusi sebuah jaringa yang digunakan saat keadaan yang tidak memungkinkan untuk mengunakan sebuah jaringan kabel.Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar